RAPAT PEMBAHASAN PROGRAM DESA BERINOVASI

RAPAT PEMBAHASAN PROGRAM DESA BERINOVASI
BaRI melaksanakan Rapat Pembahasan Program Desa Berinovasi, (Selasa, 6//) bertempat di Ruang Rapat BaRI.

RAPAT PEMBAHASAN PROGRAM DESA BERINOVASI

BADAN RISET DAN ONOVASI DAERAH PROVINSI BALI – Sebagai pelaksanaan Program Ristek Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, BaRI melaksanakan Rapat Pembahasan Program Desa Berinovasi, (Selasa, 6//) bertempat di Ruang Rapat BaRI. Agenda Rapat dipimpin oleh Ka BaRI dan dihadiri undangan dari Instansi terkait di lingkungan Pemprov Bali antara lain Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup, dan Balai Besar POM Denpasar.

Program Desa Berinovasi merupakan bentuk pendampingan pembangunan desa/kelurahan agar dapat mampu membangun dan menciptakan inovasi untuk mengembangkan potensi desa. Program ini merupakan fasilitasi pembinaan kepada masyarakat desa/kelurahan yang berbasis komunal/masyarakat seperti BUMDes, BUMDesma, Koperasi atau lembaga sejenis lainnya agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai tambah produk/jasa unggulan daerah, sehingga diharapkan mampu memberi kontribusi bagi peningkatan perekonomian dan pemulihan ekonomi masyarakat.

Sebagai upaya untuk memberikan motivasi dan dukungan program tersebut, Kementerian  Riset  dan Teknologi  menyelenggarakan  Lomba  Desa  Berinovasi  Tahun 2021. Pemprov Bali melalui BaRI ikut serta dalam rangkaian penyelenggaraan kegiatan tersebut dengan mempersiapkan dan melakukan pendampingan desa berinovasi di Bali bekerjasama dengan Instansi terkait di lingkungan Pemprov Bali. Beberapa hal yang menjadi  agenda  pembahasan rapat  diantaranya  tentang  identifikasi  desa  berinovasi, pemetaan dan pembagian tugas pendampingan, serta pembinaan bagi desa terpilih yang lebih lanjut akan diikutsertakan dalam   Lomba Desa Berinovasi Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN.

Leave a Reply