RAPAT KOORDINASI PELAKSANAAN PROGRAM DESA BERINOVASI 2021 DI PROVINSI BALI

RAPAT KOORDINASI PELAKSANAAN PROGRAM DESA BERINOVASI 2021 DI PROVINSI BALI
Sebagai pelaksanaan Program Desa Berinovasi di Provinsi Bali Tahun 2021, BaRI menyelenggarakan Rapat Koordinasi
(Senin, 9/8/2021) bertempat di Ruang Rapat BaRI.

BADAN RISET DAN INOVASI DAERAH PROVINSI BALI – Dalam pelaksanaan Program Kemenristek/BRIN tentang Desa Berinovasi Tahun 2021, Provinsi Bali mendapatkan alokasi anggaran untuk 2 (dua) Desa Berinovasi Provinsi Bali melalui dana Hibah APBN sebesar masing-masing Rp.200.000.000 (dua ratus juta rupiah). Dan sebagai pelaksanaan Program tersebut, BaRI menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Senin, 9/8/2021) bertempat di Ruang Rapat BaRI. Agenda Rapat dipimpin oleh Kepala BaRI dengan didampingi Kepala Bidang Pengembangan Inovasi dan Pengelolaan KI, Kasubag Pendaftaran KI beserta staf, serta dihadiri perwakilan dari Kelompok Dukuh Kerthi Desa Gitgit, BUMDes Sarwada Amerta Desa Taro, dan Tim Pembina Desa Berinovasi dari OPD Pemprov Bali, Universitas Udayana dan Perusda Provinsi Bali.

Program Desa Berinovasi Tahun 2021 telah meloloskan 80 Desa Berinovasi di seluruh Indonesia, dan 2 (dua) Desa diantaranya berasal dari Provinsi Bali, yaitu Kelompok Pemanfaat Air Bersih Dekuh Kerthi Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, dan BUMDes Sarwada Amerta Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar. Agenda Rapat kali ini bertujuan untuk mengawal dan mendukung kelompok masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut agar dapat  berkembang serta meningkatkan perekonomian melalui system triple helix yang terdiri dari unsur Universitas, OPD dan Badan Usaha.

Rapat Koordinasi dan Pembentukan Tim Pembina Desa Berinovasi Provinsi Bali Tahun 2021.

Lebih lanjut sebagai pelaksanaan pendampingan tersebut, BaRI sebagai leading sector dan sekaligus koordinator Program Desa Berinovasi di Provinsi Bali Tahun 2021 membentuk Tim Pembina kegiatan di masing – masing kelompok masyarakat tersebut, yaitu Tim Pembina pada Kelompok Pemanfaat Air Bersih Dekuh Kerthi Desa Gitgit dengan inovasi “Alat Distributor Air Perdesaan Dengan Sistem Hisap”, serta Tim Pembina pada BUMDes Sarwada Amerta Desa Taro dengan inovasi  “Pengelolaan Material Sampah Menjadi Pupuk Organik & Kerajinan Tangan”.

Leave a Reply