RAPAT DISEMINASI HASIL RISET TAHUN 2019 PADA BIDANG PRIORITAS PEMBANGUNAN BALI

RAPAT DISEMINASI HASIL RISET TAHUN 2019 PADA BIDANG PRIORITAS PEMBANGUNAN BALI

BADAN RISET DAN INOVASI DAERAH, DENPASAR – Rapat diseminasi hasil riset tahun 2019 pada Bidang Prioritas Pembangunan Bali, Jumat (31/1/2020) dilaksanakan di Ruang Rapat Badan Riset dan Inovasi Daerah. Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali, Ir. I Made Gunaja, M.Si, memimpin Rapat didampingi Dr. I Ketut Raka Armaja, SE, MMA., selaku Kepala Bidang Prioritas Pembangunan Bali. Turut hadir Kelompok Ahli Provinsi Bali serta para Pejabat Eselon dilingkungan BaRI.

Bidang Prioritas Pembangunan Bali Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali terdiri 3 (tiga) Sub Bagian. Agenda diseminasi diawali pada Sub Bidang Pangan, Sandang, dan Papan dengan penyampaian penelitian dari Dr. Ir. Ni Nyoman suryani dan tim tentang “Studi Peningkatan Kualitas Daging Sapi Bali”, dilanjutkan penelitian dari Dr.Ir. Anak Agung Istri Kesumadewi, M.Si dan tim tentang “Identifikasi Potensi Dan Pengembangan Sistem Pertanian Organik Menuju Bali Pulau Organik”. Hadir dalam penyampaian paparan, Tim Pengendali Mutu Pemerintah Provinsi Bali, Kelompok Ahli Pembangunan Bidang Sandang, Pangan dan Papan,  serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali.

Selanjutnya, pada Sub Bidang Pendidikan, Kesehatan, Jaminan Sosial, dan Ketenagakerjaan dengan pemaparan riset tentang “Inventarisasi Tanaman Obat Usadha dan Metode Pengobatan Usadha dalam Mendukung Program Gubernur: Penggunaan Pengobatan Alternatif Tradisional Bali” oleh peneliti Dr. I Nyoman Arsana, S.Si, M.Si dan tim dari Universitas Hindu Indonesia, dan dilanjutkan penyampaian penelitian berjudul “Pemetaan Potensi dan Pemanfaatan Tanaman Obat Tradisional sebagai Pengobatan Herbal Alternatif” oleh peneliti dr. Pande Ayu Naya Kasih Permatananda, M.Biomed beserta tim dari Universitas Warmadewa. Hadir dalam pemaparan ini, Tim Pengendali Mutu Pemerintah Provinsi Bali, Kelompok Ahli Pembangunan Bidang Pendidikan, Kesehatan, Jaminan Sosial dan Tenaga Kerja, serta Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali.

Dan terahir, Sub Bidang Bidang Adat, Tradisi, Seni Budaya dan Pariwisata, dengan pemaparan penelitian tentang “Kompetensi dan Produktivitas Tenaga Kerja Krama Bali pada Sektor Pariwisata di Provinsi Bali” oleh peneliti Dr. I  Wayan Wesna Astara, SH., M.Hum., M.H., beserta tim dari Universitas Warmadewa, dan dilanjutkan penyampaian penelitian dari Dr. Ni Putu Nina Eka Lestari, S.E., M.M., beserta tim dari Universitas Pendidikan Nasional yang berjudul “Pemetaan Potensi dan Pengembangan Desa Kendran sebagai Model Desa Wisata di Bali“. Hadir dalam pemaparan tersebut, Tenaga Ahli Tim Pengendali Mutu Pemerintah Provinsi Bali, Kelompok Ahli Pembangunan Bidang Pariwisata, serta Dinas Pariwisata dan Dinas Tenaga Kerja, dan ESDM Provinsi Bali.

Hasil diseminasi riset tahun 2019 bidang prioritas pembangunan Bali, secara umum telah sesuai pada topik dan mendukung daya kompetitif perekonomian daerah sebagaimana yang diharapkan. Penelitian terapan secara sistematis yang telah dilaksanakan, telah menghasilkan terobosan baru upaya pendayagunaan kekayaan intelektual Bali secara optimal, efisien dan efektif. Sebagai tindaklanjutnya, beberapa hasil riset yang telah dipaparkan akan diusulkan untuk dapat difasilitiasi dengan penerbitan hak paten (hak cipta) inovasi Pemerintah Provinsi Bali.

Leave a Reply