PELAKSANAAN SURVEI LAPANGAN DAN VERIFIKASI SENTRA BIDANG PRIORITAS PEMBANGUNAN BALI

PELAKSANAAN SURVEI LAPANGAN DAN VERIFIKASI SENTRA BIDAN PRIORITAS PEMBANGUNAN BALI

BADAN RISET DAN INOVASI DAERAH BALI – Berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan Bidang Prioritas Pembangunan Bali, BaRI melaksanakan survei lapangan dan verifikasi sentra Penelitian Master Plan Pengembangan Pertanian Organik berbasis Desa Adat untuk pemenuhan pangan sehat dan bergizi di Bali (Senin, 10/08/2020), bertempat di Subak Telaga Genten, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar. Pada kesempatan ini, Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali berserta Tim Peneliti Universitas Udayana diterima langsung oleh perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar beserta Krama Subak Telaga Genten, Desa Kerta Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Tim Peneliti Universitas Udayana yang sekaligus menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan penelitian tentang perencanaan Master Plan Pengembangan Pertanian Organik Berbasis Desa Adat untuk pemenuhan pangan sehat dan bergizi di Bali.

Subak Telaga Genten akan menjadi sentra penelitian dengan pertimbangan lokasi Subak yang berada di hulu sumber air yang bebas dari pencemaran dan penghasil padi di Kabupaten Gianyar. Dalam pelaksanaannya, program penelitian ini akan dilakukan secara bertahap dengan penerapan pupuk organik serta pengembangkan kawasan pertanian organik di Kabupaten Gianyar.

Sebagai penutup, Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar beserta Pekaseh dan para  petani Subak memberikan apresiasi atas terpilihnya Kabupaten Gianyar sebagai sentra pengembangan Kawasan Pertanian Organik guna mengimplementasikan Program Prioritas Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru dengan mewujudkan Bali sebagai Pulau Organik.

Leave a Reply