MONEV DAN PEMBINAAN TIM PEMBINA PROGRAM DESA BERINOVASI PROVINSI BALI BULAN I PADA KELOMPOK DUKUH KERTHI

MONEV DAN PEMBINAAN TIM PEMBINA PROGRAM DESA BERINOVASI PROVINSI BALI
Monitoring dan pembinaan Program Desa Berinovasi Provinsi Bali (Kamis, 26/8/2021) bertempat di Sekretariat Kelompok Dukuh Kerthi, Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng

BADAN RISET DAN INOVASI DAERAH PROVINSI BALI – BaRI melalui Tim Pembinaan Program Desa Berinovasi Provinsi Bali melaksanakan monitoring dan pembinaan Program Desa Berinovasi Provinsi Bali (Kamis, 26/8/2021) bertempat di Sekretariat Kelompok Dukuh Kerthi, Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Tim BaRI yang dipimpin langsung oleh Kepala BaRI beserta jajarannya diterima secara langsung oleh I Made Suputra Yasa, SE selaku Ketua Kelompok Dukuh Kerthi.

Program Desa Berinovasi yang dilaksanakan oleh Kelompok Dukuh Kerthi telah banyak memberikan dampak bagi anggotanya baik secara sosial, ekonomi, lingkungan, serta bagi masyarakat di Desa Gitgit. Dimana dengan adanya program tersebut, Kelompok Dukuh Kerthi telah merekrut para ibu rumah tangga untuk ikut bekerja bersama-sama sebagai petani dan peternak di lahan yang digunakan sebagai pelaksanaan program desa berinovasi. Hingga saat ini, beberapa program yang telah dilaksanakan diantaranya pembangunan Balai Kelompok Tani, pembelian bibit cabai, pengadaan sarana administrasi berupa laptop dan printer serta pembelian 10 ekor bibit kambing. Selanjutnya, dengan adanya bantuan dana hibah Desa Berinovasi sebesar 200juta akan dimanfaatkan untuk pembelian bibit ikan nila dan pembangunan jaringan pipa perairan.

Peresmian Balai Kelompok Dukuh Kerthi oleh  Kepala BaRI.

Kepala BaRI selaku koordinator Tim Desa Berinovasi Provinsi Bali pada kesempatan ini menyampaikan bahwa Kelompok Dukuh Kerthi sebagai salah satu perwakilan Program Desa Berinovasi Provinsi Bali agar selalu tekun dan bekerja keras untuk kembali menciptakan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat. Melalui inovasi alat TTG Distributor Air Perdesaan Dengan Sistem Hisap yang diciptakan oleh Kelompok Dukuh Kerthi telah memberikan banyak manfaat bagi sektor pertanian, peternakan, perikanan dan distribusi air bersih bagi rumah tangga. Diharapkan melalui inovasi TTG tersebut dapat dikembangkan dan dipasarkan sebagai alternatif pemenuhan kebutuhan air di daerah lain di Bali yang sulit distribusi air bersihnya.

Penanaman bersama bibit cabai di lahan program desa berinovasi Kelompok Dukuh Kerthi.

Sebagai penutup, kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Balai Kelompok Dukuh Kerthi oleh  Kepala BaRI serta penanaman bersama bibit cabai di lahan program desa berinovasi Kelompok Dukuh Kerthi.

Leave a Reply