MENGHADIRI FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) SINERGI PROGRAM DESA BERINOVASI DAN SINERGI BAKTI INOVASI INDONESIA DAN DESA BERINOVASI

MENGHADIRI FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) SINERGI PROGRAM DESA BERINOVASI DAN SINERGI BAKTI INOVASI INDONESIA DAN DESA BERINOVASI
Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali Ir. I Made Gunaja, M.Si dan Kepala Bidang Prioritas Pembangunan Bali (BaRI) Dr. I Ketut Raka Atmaja, SE, MMA menghadiri acara Focus Group Discussion (FGD) Sinergi Program Desa Berinovasi dan Sinergi Bakti Inovasi Indonesia dan Desa Berinovasi yang diselenggarakan Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional, (Selasa, 22/12/2020).

BADAN RISET DAN INOVASI DAERAH PROVINSI BALI – Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali Ir. I Made Gunaja, M.Si dan Kepala Bidang Prioritas Pembangunan Bali (BaRI) Dr. I Ketut Raka Atmaja, SE, MMA menghadiri acara Focus Group Discussion (FGD) Sinergi Program Desa Berinovasi dan Sinergi Bakti Inovasi Indonesia dan Desa Berinovasi yang diselenggarakan Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional secara hybrid meeting (perpaduan pertemuan daring dan luring), (Selasa, 22/12/2020), bertempat di The Westin Resort Nusa Dua Bali.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dibuka secara resmi oleh Sekretaris Deputi Bidang Penguatan Inovasi Bapak Dr. Ir. Lanjar, dan dihadiri Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,  Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional serta para pemangku kepentingan terkait. Pelaksanaan kegiatan FGD tersebut bertujuan sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional serta penguatan sinergi berbagai kebijakan untuk pelaksanaan program Desa Berinovasi melalui kesepahaman bersama antara Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Beberapa hal yang menjadi pembahasan kegiatan antara lain tentang Dukungan Program Anggaran Desa Berinovasi tahun 2021 yang disampaikan oleh Kepala Biro Perencanaan Kemenristek/BRIN dan Kepala Biro Perencanaan Kemendes/PDTT, Pembangunan Ekonomi Indonesia melalui Desa Berinovasi yang disampaikan oleh Ketua Komisi VII DPR RI, Strategi dan Harmonisasi Kebijakan Program dan Anggaran Pemberdayaan Masyarakat Desa yang disampaikan oleh BAPPENAS, Konsep dan Startegi Pemberdayaan Masyarakat Desa Berbasis Inovasi yang disampaikan oleh Kemenko Perekonomian,  Bali Berinovasi untuk Pemulihan Ekonomi yang disampaikan oleh Universitas Udayana.

Rangkaian kegiatan FGD dilanjutkan dengan Acara Sinergi Bakti Inovasi Indonesia dan Desa Berinovasi yang dibuka dengan Sambutan selamat datang kepada para undangan oleh Gubernur Bali.  Acara tersebut diisi dengan penyampaian Laporan Capaian Program Desa Berinovasi Tahun 2020 dan Penyampaian Rumusan hasil lokakarya/FGD oleh Deputi Bidang Penguatan Inovasi, serta Penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Deputi Bidang Penguatan Inovasi Kemenristek/BRIN dengan Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes/PDTT. Pada sesi berikutnya, acara dilanjutkan dengan Penyerahan Bakti Inovasi secara simbolis oleh Tim Bakti Inovasi kepada Gubernur Bali dengan disaksikan oleh Ketua Komisi VII DPR RI.

Sebagai penutup, kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Sinergi Program Desa Berinovasi dan Sinergi Bakti Inovasi Indonesia dan Desa Berinovasi ini diisi dengan Penyusunan Rumusan Diskusi serta penyampaian kesimpulan hasil diskusi tersebut oleh Tim Perumus.

Leave a Reply